KEANEKARAGAMAN DAN KONSERVASI BULU BABI

Abdul Hamid A. Toha, Sutiman B. Sumitro, Luchman Hakim

Bulu babi telah menjadi organisme model dan unggulan untuk berbagai kepentingan di negara maju tetapi belum dilakukan di negara-negara berkembang, termasuk negara kita. Kurangnya pemanfaatan bulu babi oleh kita telah menyebabkan kelangkaan buku spesifik yang membahas tentang bulu babi.

Buku ini dapat digunakan secara luas oleh pembaca dengan latar belakang yang berbeda. Tidak hanya mahasiswa perikanan dan kelautan, para peneliti, pengambil kebijakan dan praktisi lingkungan hidup juga diharapkan dapat mengambil manfaat dalam buku ini. Dalam jangka panjang diharapkan bulu babi menjadi komoditas yang dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi pembangunan daerah, nasional, masyarakat umum, akademisi, peneliti dan lainnya. Dalam jangka pendek masyarakat luas diharapkan dapat mengenal potensi bulu babi sebagai sumber ekonomi rakyat dan menambah sumber pangan hewani asal laut (gonad bulu babi). Selain itu bagi para mahasiswa dapat melakukan praktikum atau penelitian dengan obyek bulu babi.

Buku ini juga menawarkan informasi mengenai model pengembangan bulu babi pada masa yang akan datang. Buku ini menyajikan segala aspek yang terkait dengan bulu babi dan disajikan dalam sebelas bab serta dilengkapi dengan definisi istilah (Kamus Bahasa Indonesia) untuk mendukung pemahaman isi buku.

Akhirnya semoga buku ini dapat memberikan informasi dan pengetahuan sekaligus menambah perbendaharaan literatur hewan tertentu bagi bangsa kita. Selamat membaca.

  1. Sampul
  2. Mengenal Bulu Babi
  3. Profil Bulu Babi
  4. Manfaat Bulu Babi
  5. Keragaman Bulu Babi
  6. Lingkungan Bulu Babi
  7. Biologi Bulu Babi
  8. Fisiologi Bulu Babi
  9. Perikanan Bulu Babi
  10. Penelitian Bulu Babi
  11. Pengembangan Bulu Babi
  12. Konservasi Bulu Babi
  13. Indeks

Diterbitkan oleh Penerbit Galaxy Science
Cet.1- Juli 2013. Jumlah halaman xix + 231 hal, Indeks 9 hal. ISBN 978-602-7611-08-5


 
Cover Buku Cover Buku
 

Collaborators

  • Smithsonian
  • UNIPA
  • UB
  • IBRC

Fundings:

  • USAID