News and Media

07 February 2015 11:50 AM
Training and Publication

Pembahasan genetika pada tingkat molekuler menjadi trend yang berkembang pesat saat ini, berbagai fenomena kehidupan yang sebelumnya dideskripsikan berdasarkan fenomena empiris yang ditemukan di lapangan kini mulai dikaji pada tingkat molekuler. Hadirnya pendekatan molekuler menjadi babak baru bagi perkembangan berbagai cabang ilmu hayat baik basic science (seperti taksonomi, fisiologi, konservasi, ekologi dan lainnya.) maupun ilmu aplikatif (seperti bidang pertanian, peternakan, perikanan dan lainnya). Tidak sedikit pula, berbagai tugas akademik seperti skripsi, tesis, dan disertasi dari setiap mahasiswa, arah kajiannya menggunakan pendekatan molekuler.

Untuk mendukung hal ini, maka berbagai pelatihan ditawarkan untuk memberi wawasan sekaligus keterampilan dalam bidang Genetika Molekuler. Seperti halnya pelatihan yang dilakukan oleh Bpk Hamid Toha yang saat ini sedang melaksanakan tugas belajar program doktor di Universitas Brawijaya. Berawal dari inisiatif beberapa mahasiswa program doktor dari UB dan UM yang interest pada Genetika Molekuler, baik untuk menambah wawasan keilmuan maupun untuk kepentingan penyusunan proposal penelitian kajian biologi molekuler. Pelatihan yang bertajuk “Belajar Bareng” ini telah diselenggarakan sebanyak dua kali. Yaitu pada tanggal 31 Januari 2015 dan tanggal 7 Pebruari 2015.

Mengingat beragamnya tingkat pengetahuan peserta tentang Genetika Molekuler, maka pada sesi pelatihan 2 yang diselenggarakan Sabtu, 7 Pebruari 2015 bertempat di Jurusan Pendidikan Biologi,  materi yang diberikan adalah prinsip-prinsip dasar tentang mekanisme kerja Genetika Molekuler, seperti teknis ekstraksi DNA, prinsip dasar PCR, elektroforesis, dan sequensing. Peserta yang mengikuti pelatihan berasal dari mahasiswa program doktor berbagai disiplin ilmu, baik mahasiswa dari UB maupun mahasiswa UM. Harapannya kegiatan “Belajar Bareng” ini dapat dilanjutkan sebagai bagian dari bentuk kegiatan ilmiah dan share pengetahuan.

 

 

Collaborators

  • Smithsonian
  • UNIPA
  • UB
  • IBRC

Fundings:

  • USAID